Halaman

Senin, 09 Januari 2012

Manado Menjadi Tujuan Wisata ASEAN

Quote:

[imagetag]

Quote:

TEMPO.CO, Manado - Indonesia menjadi tuan rumah dalam perhelatan akbar pariwisata bangsa-bangsa Asia Tenggara, ASEAN Tourism Forum (ATF) 2012, pada 8–15 Januari 2012 di Manado, Sulawesi Utara. Pertemuan yang diikuti para pembeli dan penjual dari seluruh negara ASEAN ini diikuti 1.400 peserta (400 pembeli dan 900 penjual dan 100 media internasional).

ATF yang berlangsung ke-31 kalinya ini mengangkat tema "Tourism for a Global Community of Nations". Peran pariwisata tidak hanya mencakup tataran kawasan ASEAN, melainkan turut meluas sampai ke wilayah Asia Timur.

"Peran negara mitra ASEAN dalam pengembangan pariwisata melalui dialog peserta, seperti India, Rusia, Cina, Jepang, dan Korea terus ditingkatkan dalam rangka menjadikan ASEAN sebagai tujuan wisata kelas dunia," kata Wardiyatmo, Sekretaris Jenderal Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Pertemuan ATF di Manado diharapkan bisa menghasilkan pengesahan kerja sama pariwisata ASEAN-India dengan disepakatinya perjanjian kerjasama ASEAN-India Tourism Cooperation, kesepakatan mengenai Tourism Marketing Strategy (ATMS) 2011–2015, sekaligus memperkenalkan daerah tujuan wisata Indonesia, terutama Sulawesi Utara.

Mengawali rangkaian kegiatan ATF, digelas ASEAN National Tourism Organisations (NTO) Meeting yang ke-35 di Grand Kawanua Convention Centre, Hotel Novotel, Manado, pada 8 Januari 2012.

Pertemuan Asean National Tourism Organisations ini merupakan pertemuan rutin enam bulan sekali pada tingkat pejabat senior. Pertemuan sebelumnya berlangsung di Luang Prabang, Laos, pada Juli 2011.

Pimpinan pada pertemuan ini Wardiyatmo, didampingi oleh wakil Laos, Soukaseum Bodhisane. Pertemuan ini dihadiri delegasi dari negara anggota ASEAN, juga diikuti wakil ASEANTA (ASEAN Travel Agents Association), SEATGA (Southeast Asia Tourist Guide Association), AJC (ASEAN Japan Centre), AKC (ASEAN Korea Centre), dan ACC (ASEAN China Centre).

Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, DR. S.H. Sarundajang, pada pidato pembukaan mengatakan, dalam pengembangan pariwisata ASEAN, sebagai destinasi pariwisata, Manado dengan kekayaan alam bawah laut dapat menjadi pilihan bagi warga ASEAN dan sekaligus menjadikan Sulawesi Utara sebagai salah satu pilihan tujuan wisata.

Sidang yang berlangsung dalam dua hari disksui tersebut membahas 15 agenda utama. Sebagian besar agenda mendengarkan dan membahas laporan dari masing–masing kelompok kerja dan komisi berdasarkan hasil dari pertemuan working group di Brunei Darussalam pada tanggal 2-6 Oktober 2011.

Sumber

kukusan.beji 09 Jan, 2012

Admin 09 Jan, 2012


-
Source: http://situs-berita-terbaru.blogspot.com/2012/01/manado-menjadi-tujuan-wisata-asean.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar